Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Wednesday, April 1, 2009

Gerakan Mata dapat meningkatkan kreativitas, meredakan stres dll

Mata bukan hanya jendela jiwa, tapi juga bisa membantu mengingat, lebih mudah tertidur, meredakan stres. Para ahli di yang Merrimack College dan berbagai lembaga lainnya menyuruh subyek melakukan berbagai gerakan mata. Sesudah itu, aktivitas elektrik otak subyek diukur dengan electroencephalography. Para ahli menemukan, gerakanmata dapat mengaktifkan bagian otak yang membantu meraih tujuan. Kuncinya adalah, menggerakkan mata kearahtepat. Berikut, gerakan mata yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian.
  • Meredakan Stres: Lihat ke atas dan ke kiri
jika kita mencoba menggerakkan mata ke atas dan ke kiri mengaktifkan otak kanan yang bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan visual. Kita semua punya reticular activating system, suatu mekanisme di dalam otak yang bekerja sebagai antena. Sistem ini menangkap milyaran stimuli di dunia sekitar dan mengingatkan otak untuk memperhatikanapa yang membuat kita senang, lalu menyimpan informasi ini ke tempat yang mudah di keluarkan lagi, begitulah menurut penjelasan dalam buku Neuro-Linguistic Programming for Dummies karya Romilla Ready dan Kate Burton.
Sampai saat ini para ahli belum menemukanapa persisnya yang membuat mata menyudut keatas. yang diketahui para ahli adalah, memikirkan sesuatu atau melepaskan hormon penurun rasa takut (oxytocin).
  • Langsung ingat sesuatu: Gerakan mata kekiri atau ke kanan
Menggerakkan mata secara cepat meningkatkan interaksi kedua belahan otak. Gerakan ini membuat kita bisa mengingat detail yang mudah diabaikan. Misalnya, di mana meletakkan kunci atau harus beli apa di toko.
Otak kiri mencatat ingatan-ingatan baru. Otak kanan bertugas mengeluarkan ingatan-ingatan sesudah itu. Jadi, pikirkan apa yang di ingat,lalu lakukan gerakan saccadic dengan menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan secara cepat selama kira-kira 30 detik.
  • Membangkitkan kreativitas: Gerakkan mata secara diagonal
Menggerakkan mata seakan menelusuri garis miring, misalnya dari sisi kanan atas ke kiri bawah selama 30 detik dapat membangunkan pikiran kreatif. Gerakan ini menenangkan pemikiran rasional rasional dan logis yang sering mendominasi dialog internal anda. Gerakan ini juga mengakses pemikiran yang lebih dalam dan proses pemikiran yang kurang di sadari untuk membukakan lebih banyak solusi kreatif.
  • Kelancaran berbicara: lirik ke atas
Studi-studi menunjukkan, melihat ke kanan mengaktifkan otak kiri yang bertanggungjawab dengan bahasa. Untuk meningkatkan keterampilan verbal sebelum memberi kata sambutan atau persentasi kerja, coba latihan gerakan ini.
Lihat jauh ke kanan selama 1 detik, lalu lihat lurus ke depan selama setengah detik. Ulangi selama 30 detik. Istirahat sejenakdari tatapan lurus membantu menstimulir otak.
  • Lebih cepat tertidur: Lihat ujung hidung
Menatap kebawah, ke arah ujung hidung termasuk salah satu gerakan meditatif yang digunakan penganut agama Budha. Baik untuk olahraga menutup hari karena membuat pikiran masuk ke dalam keadaan rileks. Fokus kepada satu benda atau bagian badan di duga melepaskan gelombang alpha otak yang menenangkan. Gelombang yang menyertai berkhayal dan kantuk.
Saat berbaring tenang di ranjang, arahkan garis fokus agak ke bawah dan ke dalam sekitar 20 detik. Dengan mata tertarik kebawah, kelopak mata setengah tertutup ke posisi tidur.

No comments: